LDKS : Awal dari Mimpi Menguatkan Pribadi, Membentuk Citra dan Membesarkan Nama SMA Dharma Wanita Surabaya

LDKS : Awal dari Mimpi Menguatkan Pribadi, Membentuk Citra dan Membesarkan Nama SMA Dharma Wanita Surabaya
September 4, 2023 1 Comment Uncategorized SMA Dharma Wanita Surabaya

LDKS adalah singkatan dari Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa. LDKS ini menjadi syarat wajib bagi siswa-siswi yang akan menjadi pengurus OSIS-MPK di sekolah. Nah, siswa-siswi yang terpilih menjadi anggota OSIS-MPK harus mengikuti kegiatan LDKS sebelum bekerja sesuai dengan yang ditugaskan dalam organisasi. OSIS-MPK SMA Dharma Wanita Surabaya memiliki singkatan yang biasa disebut dengan UNOS SMADHANI (United Of SMADHANI).

LDKS tahun ini dilaksanakan di Puthuk Panggang Welut, Pacet, Mojokerto selama tiga hari dua malam, dimulai pada tanggal 31 Agustus – 2 September 2023. SMADHANI melaksanakan LDKS yang diikuti oleh para siswa-siswi kelas X dan XI calon pengurus OSIS dan MPK periode 2023-2024. Dalam kegiatan LDKS kali ini mengusung tema “Membangun Jiwa Kepemimpinan dalam Organisasi” dengan konsep biota laut. Jadi calon pengurus OSIS-MPK SMA Dharma Wanita Surabaya berkreasi dengan konsep tersebut seperti membawa ikan hias sebagai simbol tanggung jawab dan membuat bendera biota laut yang telah ditentukan.

Pastinya LDKS tidak jauh dari bagaimana cara membentuk seorang pemimpin. Semua materi yang diberikan dalam pelatihan dasar tersebut menggunakan berbagi metode seperti latihan kepemimpinan dan mental para calon anggota OSIS-MPK, pelaksanaan games, wawancara, pemberian materi dasar kepemimpinan dan lain sebagainya yang bisa menjadi bekal yang baik untuk kedepannya. LDKS dapat mengasah keterampilan calon anggota OSIS-MPK dalam bekerjasama, mewujudkan kekompakan, melatih tanggung jawab, belajar saling komunikasi dengan baik, melatih disiplin dan kemampuan pemecah masalah yang cepat dan tepat.

Ketika sampai di lokasi LDKS, calon anggota UNOS langsung menyiapkan perlengkapan dan membangun tenda untuk masing-masing kelompok. Setelah memasang tenda para peserta LDKS melaksanakan sholat serta memasak untuk makan dengan kelompok. Kemudian ada pemberian materi “Leadership” oleh Ketua UNOS periode 2022-2023 yakni Kak Yoke dan Kak Zoelfan.

Kemudian dimalam harinya peserta LDKS melaksanakan sholat dan dilanjutkan dengan adanya pemberian materi “Kesetariatan” oleh Bu Ayu. Setelah materi selesai peserta LDKS diperintahkan untuk beristirahat di tendanya masing-masing dan pada tengah malamnya dilanjutkan dengan JJM (Jalan-Jalan Malam) yang dimana setiap peserta LDKS dibangunkan oleh kakak-kakak UNOS pada malam harinya.

Pada keesokan paginya peserta LDKS diperintahkan berkumpul untuk melaksanakan senam pagi. Setelah senam pagi para peserta LDKS menyiapkan masakan pagi untuk dimakan dengan kelompok.
Kemudian pada siang hari para peserta LDKS diberikan materi tentang “Hak dan Kewajiban” oleh Pak Bimo. Setelah materi hak dan kewajiban selesai para peserta LDKS melaksanakan sholat serta meyiapkan masakan siang dengan kelompok. Selain itu, juga ada pemberian materi oleh Bu Ayu mengenai “Kesekretariatan Organisasi”, dengan materi ini para calon anggota UNOS mendapatkan banyak sekali ilmu mengenai surat menyurat dan pembukuan organisasi.

Tidak kalah menyenangkan juga, Ibu Kastin selaku Kepala SMA Dharma Wanita Surabaya juga turut serta memberikan materi kepada para anggota UNOS yang sedang melaksanakan LDKS. Bu Kastin menyampaikan beberapa hal yang terjadi di Smadhani dan bagaimana kita harus menyikapinya. Bagaimana membuat keputusan yang tepat, berjalan maju kedepan dan bagaimana rasa cinta para peserta terhadap Smadhani ini harus mulai ditumbuhkan perlahan dan terus menerus tumbuh.

Setelah itu, saat hari malam kedua kegiatan LDKS semua peserta di kumpulkan dan duduk melingkari kayu bakar yang akan di jadikan api unggun. Kayu bakar pun diberi api sambil menyanyikan “Api Unggun sudah Menyala”. Peserta LDKS memberikan kesan dan pesan mereka terhadap panitia LDKS. Selanjutnya, Pak Ony pun memberikan sedikit materi kepada peserta LDKS untuk UNOS kedepannya.

Peserta LDKS atau calon anggota UNOS sudah berjuang mulai dari seleksi pembuatan proposal, wawancara, lalu LDKS yang menandakan bahwa calon UNOS adalah anak-anak yang kuat, hebat, dan terpilih. Jika mereka merasa lemah, percayalah masih ada orang lain yang bisa menguatkan satu sama lain. Kita adalah anggota UNOS, kita harus membuat UNOS bangga dengan kekuatan, prestasi, keaktifan, dan kreatifitas kita.

Pada hari terakhir, para peserta LDKS melakukan sholat berjamaah beserta dengan kakak panitia dan juga pembina OSIS-MPK, setelah itu peserta LDKS melakukan senam sehat bersama-sama dan menyiapkan makan pagi dengan kelompok. Dan para peserta LDKS di berikan beberapa game yang harus mereka selesaikan untuk melatih kerjasama, kekompakan, saling berkomunikasi, kesabaran, kepercayaan terhadap sesama kelompok nya. Setelah bermain game para peserta LDKS di kumpulkan untuk melaksanakan pengukuhan di bawah air terjun sambil mengucapkan janji untuk OSIS-MPK SMADHANI. Setelah pengukuhan peserta LDKS melakukan pembersihan diri dan membereskan barang-barang yang mereka bawa pada mulanya.

Lalu pelaksanaan Apel penutupan kegiatan LDKS OSIS-MPK SMADHANI pun di tutup serta penyerahan hadiah terhadap Calon Anggota UNOS teraktif, kelompok dengan inagurasi terbaik, dan kelompok yang paling disiplin. Akhirnya, peserta balik menuju Sekolah dan pulang ke rumah masing-masing.

Menurut Bu Anik sebagai Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan mengatakan bahwa “Alhamdulilah LDKS tahun ini berjalan dengan lancar. Kesan Bu Anik adalah UNOS tahun ini sangatlah aktif dibandingkan dengan tahun sebelumnya dan harapan Bu Anik semangat ini akan terus ada dalam keberlangsungan UNOS periode 2023-2024.” Selain itu Bu Anik memberikan harapan kepada UNOS periode sebelumnya dan UNOS saat ini yakni “Untuk UNOS sebelumnya semoga cita-cita mereka semua bisa tercapai, lulus dengan nilai-nilai yang baik dan UNOS yang tahun ini harapan Bu Anik adalah bisa membawa nama SMADHANI lebih baik lagi, baik itu di dalam SMADHANI maupun di luar SMADHANI.” Senin (4/9/2023).

Melalui pelatihan tersebut diharapkan pengurus OSIS dan MPK SMA Dharma Wanita Surabaya dapat melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab dan mampu memberikan yang terbaik dalam memajukan SMA Dharma Wanita Surabaya dengan kinerja OSIS-MPK yang mampu mengembangkan kreativitas para siswa-siswi.

“Acara LDKS sangat menyenangkan karena banyak permainan seru yang mengasah kerja sama dan melatih konsentrasi serta kekompakan. Selain itu acaranya sangat luar biasa, kita dilatih menjadi seorang yang berjiwa kepemimpinan, bertanggungjawab, disiplin, mandiri, dan di ajarkan untuk selalu peduli terhadap sesama anggota lainnya dengan mengesampingkan ego masing-masing.” ucap Ahmad Abdul Roqib selaku peserta LDKS.

About The Author
Leave Comment
  1. 1

    Andini

    Kegiatan yang sangat bagus. Semoga membawa dampak positif ke anak-anak.

    Reply

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *