MENGGALAKKAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH

MENGGALAKKAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH
December 15, 2021 1 Comment Uncategorized

Pada abad  ke- 21 ini, kemampuan berliterasi peserta didik berkaitan erat dengan tuntutan keterampilan  membaca yang berujung pada kemampuan memahami informasi secara analitis, kritis, dan reflektif. Berdasarkan hal itulah, SMA Dharma Wanita Surabaya mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). GLS SMA Dharma Wanita Surabaya merupakan upaya pihak lembaga menjadikan SMA Dharma Wanita Surabaya sebagai organisasi pembelajar yang  literat sepanjang hayat pada semua bidang keilmuan.

           Gerakan  Literasi Sekolah (GLS)  di SMA Dharma Wanita Surabaya yang digalakkan saat ini, antara lain Gerakan Literasi Kelas, Literasi Pojok Gazebo, dan Tamasya Buku. Gerakan Literasi Kelas dilaksanakan rutin setiap hari Senin pada dua puluh menit pertama saat jam pembelajaran. Gerakan Literasi Kelas dilaksanakan di ruang kelas  melalui pemantauan guru mata pelajaran yang bertugas dengan memanfaatkan buku bacaan yang difasilitasi  pihak  lembaga sesuai dengan pilihan masing-masing siswa. Buku tersebut bisa dimanfaatkan dengan mudah karena sudah tersedia di rak buku kelas masing-masing. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan aktivitas membaca dilanjutkan menulis  laporan baca pada jurnal baca kelas yang sudah disiapkan.

Tidak kalah menariknya dengan Gerakan Literasi Kelas, Literasi Pojok Gazebo pun mampu menarik minat baca siswa SMA Dharma Wanita Surabaya. Literasi Pojok Gazebo dilaksanakan  terjadwal setiap kelas pada hari Senin-Kamis  secara bergantian.  Tiga puluh menit  pertama setelah jam pembelajaran berakhir selalu terlihat siswa mulai memenuhi gazebo . Ada tiga gazebo di halaman sekolah yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat membaca yang cukup representatif. Rak buku  pada masing-masing gazebo pun sudah terisi dengan koleksi buku yang beragam. Kegiatan wajib baca yang dijadwalkan pihak lembaga ini mendapatkan antusiasme yang luar biasa dari warga sekolah. Siswa membaca buku yang diambil dari rak buku gazebo kemudian dilanjutkan dengan menulis jurnal baca yang tersedia.

Perpustakaan pun tidak akan  sepi pengunjung karena Program Tamasya Buku akan menyemarakkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Program Tamasya Buku merupakan kegiatan wajib siswa untuk mengunjungi perpustakaan dan bisa melakukan peminjaman buku dengan memanfaatkan kartu perpustakaaan. Buku tersebut bisa dibaca di perpustakaan atau bisa juga dibawa pulang sebagai media baca di rumah masing-masing.

  Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMA Dharma Wanita Surabaya tidak hanya disemarakkan oleh siswa saja, melainkan seluruh warga sekolah pun ikut berpartisipasi tanpa terkecuali.  Semoga kegiatan ini bisa terlaksana secara konsisten dan mampu menstimulasi siswa khususnya dan seluruh warga sekolah  agar mampu mengembangkan keterampilan berbahasanya dengan baik sehingga tujuan yang diharapkan bisa tercapai.

About The Author
Leave Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *